Putoru
Putoru

Panduan Instal Android di Laptop

Halo semua, pada kesempatan kali ini ane mau berbagi cerita nih tentang Instal Android di Laptop sendiri pake flashdisk. Biarin dah walaupun udeh banyak blogger yg ngeshare cara instal android di laptop, tapi ane juga mau cerita nih menurut versi ane, bagaimana caranya instal android di laptop (maklum deh beberapa hari lalu ane instal android di laptop ane, eh taunya berhasil jadi ane share deh caranye). Oke langsung aja deh ane kasih tau. Cekidot ye.

Sebelum kita instal Android, kita siapin dulu bahan-bahannya apa aja yang mau dimasak, eh salah deh yang  diperluin buat nginstal, hehee.. becanda dikit gak ngapa kan bro? :D

  • Laptop/Notebook tentunya. (kalo notebook ane Acer AspireOne Happy).
  • Flashdisk minimal yang 2GB dengan format FAT32.
  • Iso Androidnya bisa brosis download di http://android-x86.org/download/
  • Terserah brosis mau download Android yg versi berape aje asal pilih yang asus_laptop, walaupun laptop brosis bukan merk Asus sekalipun, ane saranin pilih yang asus_laptop.
  • Terus jangan lupa download unetbootin.
  • Tunggu dah tuh sampe downloadannya kelar, ngupi atau ngapain keq biar gak suntuk. :p
Setelah downloadannya udeh selesai, maka yang harus kita lakuin adalah cek kapasitas hardisk laptop, apakah cukup buat instal nih si Robot Ijo. Caranya klik kanan pada partisi hardisk selain C terus pilih propertis. Kalo kiranya masih banyak tuh kapasitas, langkah berikutnya adalah Shrink itu hardisk, terus tentuin deh alokasi kapasitasnya mau di jadiin berape. Saran ane sih Shrink aja jadi 16000 alias 16GB, karena tuh kapasitas bakal jadi memory internal si cikal bakal Android nanti.
Buat brosis yang blom ngarti ngeShrink hardisk, nih ane kasih rujukan blog orang bule (Shrink Hard Drive Volume) dia ngejelasinnye pake basa inggris lho. Ingat brosis, di Shrink aje, jangan dikasih label (D, E, F dll).

Kalo udeh selesai di Shrink, Sekarang kita colok hardisk terus jalanin program unetbootin-nya. Ane asumsiin brosis udh ngarti cara pake unetbootin, kalo yg blom tau silaken cari deh sma si Mbah Gogel.
Ke tahap selanjutnya adalah kita restart tuh laptop terus masuk ke menu bios buat rubah boot priority yang pertama menjadi USB Flashdisk, setelah itu save dah tu biosnya, tunggu sampe selesai restart dan boot flashdisk terus keluar menu boot "Android-X86 Live and Installation...".

Ikuti tahap ini :
Tahap 1 :
  • Pilih "Installation - Install Android-x86 to harddisk" (Pilihan yang terakhir / paling bawah).
  • Setelah masuk ke menu "Choose Partition", jangan langsung pilih partition yang udeh ada disitu tapi yang kita pilih adalah "Create/Modify partitions".
  • Dari sekian banyak partisi yang ada, cari yang RS Type-nya masih "Free Space", kemudian pilih tombol aksi yang ada dibawah ke [NEW] pada partisi yang Free Space tadi dan tekan enter.
  • Pilih menu aksi [PRIMARY] terus [BOOTABLE] terus [WRITE] ketikan YES lalu enter.setelah selesai baru pilih [QUIT].
Tahap 2 :
  • Setelah tahap pertama selesai, maka di menu "Choose Partition" akan muncul partisi baru dengan label Linux, nah disitulah kita instal si Android ini.
  • Pilih partisi yang baru saja kita buat yg berlabel Linux dan tekan enter.
  • Muncul menu "Choose Filesystem" pilih yang "ext3" tekan enter dan akan muncul lagi menu confirm format the partition pilih "YES".
  • Ketika selesai diformat, maka akan muncul menu confirm "install boot loader GRUB?" pilih YES.
  • Kemudia akan muncul lagi menu confirm "install /system directory as read-write?" pilih YES.
  • Selesai deh, tapi ada satu lagi nih menu baru lagi yang muncul dengan 3 pilihan, jangan langsung reboot atau run android-x86 tapi pilih dulu "Create a fake SD card" terus masukin angka max-nya 2047, enter deh, kecuali kalo pilihan Create a fake SD card-nya gak ada baru deh pilih run atau reboot.
  • Baru deh bener-bener selesai setelah reboot.
Yup sekian dulu deh ane buat ini cerita tanpa gambar dan ane tulis berdasarkan imajinasi dan sedikit ingatan bekas kemaren nginstal android di laptop ane sendiri. :D
Tengkyu yang udah mau baca dan mampir.

Saran (Optional) :
Agar lebih memahami tulisan ini, ada baiknya brosis baca sembari praktek langsung. Karena kalau dibaca doang tanpa langsung praktek, ane jamin brosis pasti puyeng baca tulisan ane.
2 Komentar
Tutorial

Baca ini juga

Komentar

  1. Android Termurah
    Android Termurah 28 Juni 2014 pukul 14.46
    Wah jadi ini nanti laptop saya bisa menjalankan OS android gitu ya? Saya pakai netbook toshiba NB520 mudah mudahan berhasil
  2. Putoru
    Putoru 14 Juli 2014 pukul 17.28
    Iya Gan betul, selamat mencoba.